Tips Agar Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik

Libur lebaran sebentar lagi, pasti banyak dari kita yang akan mudik. Mudik menjadi rutinitas setiap tahunnya bagi orang-orang yang merantau ataupun yang tinggal jauh dari keluarganya. Setelah sebulan berpuasa dan menjalani penatnya aktifitas pekerjaan, sangat lah menyenangkan bisa pulang ke kampung halaman bertemu keluarga dan sanak saudara untuk sekedar melepas rindu.

Pada umumnya, banyak  orang yang meninggalkan rumah nya dalam keadaan kosong saat mudik. Di saat rumah kosong dan banyak aset berharga yang ditinggalkan dengan waktu yang lama, hal tersebut dapat menjadi ancaman-ancaman kejahatan dan munculnya rasa khawatir seperti takut kemalingan, kebakaran dan hal lainnya yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, perlu disadari juga pada saat mudik kita juga perlu menjaga keamanan rumah kita. Untuk itu, upayakan untuk melakukan langkah preventif untuk mengurangi resiko terjadinya pencurian ataupun kerugian saat meninggalkan rumah di kala mudik.

Ada beberapa tips menjaga keamanan rumah kita, bagi yang akan mudik dan meninggalkan rumah. Berikut beberapa tips nya:

  • Lapor RT/RW dan Satpam setempat

Sangat penting untuk melapor kepada RT/RW dan satpam setempat bahwa kita akan meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama saat mudik. Karena setidaknya RT/RW dan satpam setempat di lingkungan rumah kita dapat membantu mengawasi rumah. Jika ada sesuatu yang mencurigakan, mereka dapat melakukan tindakan dalam mengawasi rumah kita.

  • Cabut Aliran Listrik dan Gas

Selain pencurian, kebakaran rumah juga menjadi masalah yang sering terjadi saat kita meninggalkan rumah di kala mudik. Jadi, jangan lupa untuk mematikan listrik yang dapat menimbulkan korsleting seperti komputer, televisi, AC, radio, pompa air, kulkas, dll. Jangan lupa juga sebelum meninggalka rumah, sebaiknya dicek kembali untuk memastikan semua suda aman.

  • Kosongkan Tempat Penampungan Air dan Bersihkan Rumah

Kosongkon bak mandi, ember, atau tempat penampungan lainnya. Jika tetap harus terisi, sebaiknya ditutup dengan rapat agar terhindar dari sarang nyamuk demam berdarah.

  • Amankan Barang-Barang yang Berharga

Simpan barang-barang berharga kita di tempat yang aman atau simpan di tempat yang tidak semestinya dan tidak terduga, seperti di kaos kaki atau di dalam bantal. Dengan begitu, tidak ada yang akan mengira barang berharga itu disimpan di situ.

  • Pastikan Semua Pintu, Pagar dan Jendela Terkunci dan Tertutup Rapat

Periksalah semua bagian rumah, terutama akses masuk rumah seperti pintu, pagar, dan jendela sudah terkunci atau tertutup rapat. Anda juga dapat menambahkan keamanan dengan memasang gembok alarm yang dapat berbunyi. Gembok tersebut akan mengeluarkan suara apabila dibuka paksa atau ada yang mencoba membobol gembok tersebut.

  • Pasang CCTV yang Dipantau melalui Internet

Jika mempunyai budget lebih, disarankan untuk memasang CCTV di setiap sudut rumah yang berpotensi dibobol maling. Karena dengan memasang CCTV, kita dapat memantau rumah dari kejauhan dengan menggunakan internet.

Nah itu beberapa tips tentang rumah aman di saat ditinggal mudik. Semoga dapat membantu dalam menjaga rumah atau aset berharga yang ditinggal saat mudik. Jangan lupa juga untuk mengecek rumah sebelum ditinggalkan. Dengan mengikuti beberapa tips yang ada di atas, maka mudik akan lebih terasa tenang, sehingga kita tidak perlu khawatir lagi memikirkan keamanan rumah saat sedang berkumpul dengan keluarga.