GADA UTAMA

Gada utama merupakan pelatihan dan pembekalan yang boleh diikuti oleh siapa saja dalam level setingkat manajer, yaitu chief security officer atau manajer keamanan. Pelatihan dan pembekalan tersebut memiliki pola 100 jam pelajaran, dan pembelajaran diberikan oleh para ahli di bidangnya yang menyangkut tugas keamanan dari pihak kepolisian negara maupun sipil.

Terdapat beberapa tingkatan pelatihan yang perlu dipahami, yakni:

  1. Dasar (Gada Pratama), merupakan pelatihan dasar wajib bagi calon anggota satpam. Pelatihan berlangsung selama empat minggu dengan pola 232 jam pelajaran. Materi pelatihannya seperti: Interpersonal Skill; Etika Profesi; Tugas Pokok, Fungsi dan Peranan Satpam, Kemampuan Kepolisian Terbatas; Bela Diri; Pengenalan Bahan Peledak; Barang Berharga dan Latihan Menembak; Pengetahuan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya; Penggunaan Tongkat POLRI dan Borgol; Pengetahuan Baris Berbaris dan Penghormatan;
  2. Penyelia (Gada Madya), merupakan pelatihan lanjutan bagi anggota satpam yang telah memiliki kualifikasi Gada Pratama. Pelatihan berlangsung selama dua minggu dengan pola 160 jam pelajaran;
  3. Manajer Keamanan (Gada Utama), merupakan pelatihan yang boleh diikuti oleh siapa saja dalam level setingkat manajer, yaitu chief security officer atau manajer keamanan dengan pola 100 jam pelajaran.

Secara umum, kita akan mendapatkan banyak ilmu pembelajaran saat mengikuti pelatihan Gada Utama, seperti:

  1. Interpersonal skill, suatu kemampuan ataupun keterampilan milik seseorang untuk mengenal, menghadapi, dan berkomunkasi atau berinteraksi dengan pihak lain, baik secara individu dan kelompok. Istilah ini sering juga disebut sebagai ketrampilan interpersonal. 
  2. Etika profesi merupakan suatu sikap etis yang dimiliki oleh seorang profesional sebagai bagian integral dari sikap hidup dalam mengembangkan tugasnya, serta menerapkan norma-norma etis umum pada bidang-bidang khusus (profesi) dalam kehidupan manusia.
  3. Kewaspadaan, Intel dasar, Lidik (Penyelidikan) dan Deteksi diri.
  4. Negoisasi
  5. Memahami Sistem Pengamanan
  6. Manajemen Sistem Pengamanan
  7. Pengetahuan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L)
  8. Penggunaan Senjata Api dan Pelatihan Menembak
  9. Management Tanggap Darurat
  10. Dasar-dasar Polmas (Pemolisian Masyarakat)
  11. Analisa Biaya dan SWOT(Perencanaan Strategis)
  12. Customer Satisfaction atau kepuasan pelanggan
  13. Manajemen SDM
  14. Kapita Selekta Hukum
  15. Hak Asasi Manusia (HAM)
  16. Ketenagakerjaan

Tujuan mengikuti pelatihan Gada Utama ialah dapat menghasilkan anggota satpam yang memiliki sikap mental kepribadian, kesamaptaan fisik, dan memiliki pengetahuan serta keterampilan sebagai Manajer/Chief Security. Manajer Keamanan tersebut diharapkan untuk mampu melakukan analisis tugas dan kegiatan, mengelola sumber daya, dan memecahkan masalah dalam lingkup tugas dan tanggung jawabnya.